Artikel

Tips membeli PC atau Laptop baru

Tiba-tiba anda dapat hadiah kenaikan kelas atau proyek orangtua anda baru saja cair dan anda diberikan kucuran dana segar untuk membeli PC atau laptop baru. Kemudian anda tidak sabar dan segera mengakses situs E-Commerce untuk mencari PC atau laptop yang anda idamkan, tetapi semakin banyak pilihan justru membuat anda semakin bingung. Yang mana ya yang harus saya beli? Bingung? Sama, saya juga pernah mengalaminya, tetapi paling tidak ada beberapa tolak ukur untuk membeli PC atau laptop agar anda tidak salah beli. Yuk kita diskusikan bareng. Apa aja sih tipsnya?

Cari yang sesuai kebutuhan.

Keliatannya klasik banget, ini saran yang terlalu umum buat kita yang ingin membeli barang apapun. Teori sih gampang tapi kenyataannya gimana nih beli yang sesuai kebutuhan? Coba kita diskusikan satu persatu.

Mau digunakan untuk apa?

Sebelum bingung dengan banyaknya pilihan yang ada, tanya dulu ke diri kita sendiri, mau dibuat untuk apa sih ini PC atau laptop? Kebutuhan untuk mengetik atau bikin skripsi dan browsing tentu berbeda dengan kebutuhan untuk design atau editing. Dan menurut saya alasan ini paling krusial sebelum anda membeli PC atau laptop yang baru. Karena spesifikasi dari PC atau laptop yang anda beli pastinya akan berbeda dan memiliki harga yang pastinya juga berbeda, jangan sampai pembelian anda sia-sia. Kita ambil contoh anda ingin membeli PC atau laptop dengan tujuan untuk membuat skripsi, lalu anda melihat ada laptop dengan design kece dan spesifikasi tinggi misalkan prosesor terbaru dengan clockspeed tingi, RAM besar, dst, dan anda mulai tergiur, wah...kalo beli ini buat skripsinya bakal lebih mantep nih, pikir anda. Tetapi ingat, tujuan utama anda untuk mengerjakan skripsi dan bukan untuk kegiatan yang membutuhkan spesifikasi PC atau laptop yang tinggi, jadi daripada membuang uang, mending anda cari yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan anda. Kecuali anda memang tajir dan yang penting suka dengan modelnya, mau 20jt juga ga masalah, ya itu sah-sah aja sih, hehe.

Apakah akan digunakan untuk jangka panjang?

Sekilas pertanyaannya aneh juga, siapa sih yang ga pingin beli barang untuk jangka panjang? Mana ada orang yang mau beli barang hanya untuk beberapa bulan terus rusak? Bukan itu maksud saya, maksdunya begini. Kembali ke contoh yang tadi, anda ingin membeli laptop untuk kebutuhan membuat skripsi (yang utama), ini tentu saja mendesak, tetapi tidak dalam jangka waktu yang panjang. Jika skripsi sudah selesai mungkin PC atau laptop anda kebanyakan nganggur dan digunakan sesekali saja. Kalau seperti ini, tidak perlu beli dengan spesifikasi yang tinggi. Kalau kebutuhannya masih sederhana saja, saya yakin 2-3 tahun lagi PC atau laptop kita masih mumpuni kok untuk mengerjakan kebutuhan kita. Jika perkiraan anda 3-4 tahun kemudian baru akan menggunakannya untuk hal yang lebih serius seperti kerja misalnya, lebih baik beli yang biasa dulu sambil menghemat budget, nanti ketika memang saatnya sudah memerlukan spesifikasi tinggi baru beli pada saat itu, karena perkembangan teknologi sangat cepat, anda sangat mudah untuk merasa ketinggalan.

Jangan termakan promosi.

Dulu waktu era teknologi belum seperti sekarang, seingat saya membeli PC atau laptop ya masih begitu saja, artinya tidak banyak hal yang harus diperhatikan, tetapi sekarang semakin meluas, dari design yang unik, body ramping, ringan, bezel tipis, RAM dengan heatspreader, casing PC transparan, RGB coller, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagi anda yang mungkin memang membutuhkannya atau mengincar poin lain dari sebuah PC atau laptop seperti estetika atau kecantikannya, bagi saya sah-sah saja. Tapi bagi anda yang tidak terlalu mengerti dan hanya tergiur dengan promosi, hati-hati. Terkadang tidak semua yang disampaikan melalui promosi itu benar. Misalkan saja ada keluaran prosesor terbaru dengan nama yang keren dan dinilai lebih cepat lalu anda tergiur pokoknya harus pakai prosesor tersebut padahal kenaikannya tidak signifikan, untuk apa? Jangan termakan promosi. Didunia bisnis memang ada yang namanya keusangan yang disengaja, artinya produk baru akan terus dikeluarkan dengan fitur yang seolah penemuan baru, apakah memang penemuan baru? Belum tentu, mungkin teknologi itu sudah mereka temukan sejak 3 tahun lalu, tapi sengaja tidak dikeluarkan agar menjadi nilai tambah (yang sebenarnya tidak signifikan) pada saat nantinya diluncurkan, dengan begitu seolah anda merasa milik anda yang lama usang dan harus diganti.

Cari yang sesuai budget.

Ujung-ujungnya inilah alasan yang paling diutamakan, budget. Kebutuhan tinggi, barang yang ingin dibeli spesifikasinya tinggi, apa daya budget tipis dan mepet pula. Kalo yang ini saran saya jangan dipaksakan, iyalah mau dipaksain juga gimana kan ga ada? Hehe.... Ya kalo uda kepentok budget biasanya kita jadi kreatif seperti memfungsikan barang lama dulu dengan mengganti beberapa komponennya, misalnya saja anda memiliki laptop lama, ingin mengganti karena sudah uzur tetapi budget mepet untuk membeli yang baru, daripada beli dengna spesifikasi nanggung mungkin anda bisa membeli SSD terlebih dahulu, lumayan dapat mempercepat proses ketimbang hardisk yang lama, toh nanti ketika ada budget membeli PC atau laptop baru, SSD akan tetap dapat digunakan sehingga tidak sia-sia, betul kan?

Demikian beberapa tips dan saran sebelum anda membeli PC atau laptop yang baru, apa anda punya saran yang lain? Yuk diskusi di kolom komentar.







handphone-tablet

Related Article

Ingin Punya Website seperti Informatics Media?

Kami berpengalaman di bidang pembuatan website. Jika anda ingin membuat website berkualitas dengan design yang bagus, hubungi kami atau pelajari lebih lanjut

Tags


Custom Search