Artikel

Bagaimana menjadi seorang World-Class performer

Menjadi seorang yang ahli atau "World-class performer" dalam suatu bidang tentu menjadi impian hampir setiap orang. Seringkali kita berdecak kagum melihat pencapaian orang-orang tertentu yang sangat mengagumkan dan menganggap bahwa mereka adalah "Manusia Super" yang diatas rata-rata. Sebut saja Bill gates, Steve Jobs, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dll.

Saya pribadi sangat terinspirasi dengan pencapaian mereka. Dan mungkin kita juga ingin menjadi seperti orang-orang hebat tersebut dalam bidang kita sendiri. Tetapi seringkali kita juga meragukan apakah kita bisa mencapainya? Lewat tulisan singkat ini saya hanya ingin berbagi  beberapa hal yang saya dapat dari beberapa sumber (Terutama e-book "Talent is overrated" tulisan Geoff Colvin ) mengenai bagaimana menjadi seseorang dengan world-class performer :

Bukan talenta, melainkan latihan.

Kita cenderung menilai suatu keahlian berdasarkan talenta yang dimiliki seseorang. Dalam beberapa hal ini memang benar, tetapi porsinya terlalu dilebih-lebihkan dalam pandangan umum kebanyakan orang. Ada beberapa survey pernah meriset hal ini dan hasilnya cukup menarik, yaitu latihan mengambil porsi yang lebih besar dibandingkan dengan sekedar talenta. Untuk menjadi seorang world-class performer, kita harus merubah mindset ini terlebih dahulu, talenta bukan segalanya. Masih ingat quote klasik di buku jaman kanak-kanak: “Practice makes perfect”?.

Memulai lebih awal sangat menguntungkan.

Untuk menjadi seorang world-class performer dalam suatu bidang, kita butuh waktu yang panjang dalam melakukan latihan demi latihan dan pengembangan demi pengembangan. Memulai lebih awal merupakan hal yang sangat menguntungkan. Memang "tidak ada kata terlambat untuk belajar", tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa dengan memulai lebih dulu, kita sudah mencuri start, dan ini penting. Terlebih lagi semakin muda kita maka waktu, kapasitas pikiran kita akan lebih baik dan tanggungjawab masih lebih kecil sehingga dapat mengembangkan diri dengan sangat baik. Untuk itu memanfaatkan waktu di masa muda untuk hal-hal yang membangun adalah sangat penting. Lihat saja contoh dari para pemain sepakbola professional yang telah memulai "karir" mereka bahkan dari usia yang sangat muda.

Harus ada "Inner-drive" yang besar, bukan sekedar menyukai sesuatu.

Menjadi hebat dalam suatu bidang butuh lebih dari sekedar menyukai bidang tersebut saja. Kita harus diarahkan oleh satu tujuan yang lebih besar, itu harus menjadi impian besar kita. Dan tujuan itu harus jelas dan mendapatkan komitmen yang tinggi dari kita sehingga kita akan terus mengejarnya hingga dapat mencapainya. Menemukan "inner-drive" ini sangat penting untuk mencapai goal.

Tidak hanya sekedar berapa lama kita berlatih, melainkan bagaimana kita berlatih.

Berlatih memang adalah faktor yang sangat penting. Tetapi bagaimana kita berlatih juga tidak kalah penting. Setiap bidang tentunya memiliki konsep dan pengetahuan mendasar, kumpulkanlah sebanyak mungkin pengetahuan dari bidang tersebut dan temukan nilai intinya, kemudian latihlah pada bagian tersebut dan evaluasi bagaimana hasilnya, kemudian lihat perkembangannya.

Cari sesuatu yang bisa menjaga semangat kita terus menerus.

Memiliki passion dan komitmen yang konsisten tentu membutuhkan dorongan terus menerus. Carilah dorongan dari dalam diri dan dari luar diri kita. Misalkan belajarlah menghargai pencapaian” kecil kita dan jadikan itu motivasi untuk maju. Selain itu dukungan dari orang terdekat itu sangat baik dan memotivasi kita. Saya sendiri merasakan efek yang sangat besar ketika ada pujian tulus dan dukungan dari orang terdekat sehingga saya tetap semangat dalam mengejar impian tersebut. Untuk itu jangan lupa memberi pujian dan semangat pada orang lain untuk menolong mereka mencapai hal yang sama.

Manajemen waktu dan fokus.

Untuk dapat melakukan latihan dan mengembangkan diri secara terus menerus, kita membutuhkan manajemen waktu dan fokus yang baik. Manajemen waktu membuat kita bisa mengatur waktu kapan kita latihan sedangkan fokus membuat kita memanfaatkan waktu tersebut dengan sungguh” dan maksimal.

Apapun impian dan passion kita, mari kita mengejarnya bersama-sama. Menjadi seorang yang biasa-biasa saja adalah sesuatu yang membosankan. Jika bisa menjadi seorang world-class performer dalam bidang kita, mengapa tidak mengejarnya? Selain mendapat kepuasan, kita tentu dapat menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi banyak orang.

Bagaimana dengan kamu? Apa passion dan impianmu? Dan bagaimana kisahmu dalam mengejar impian tersebut? Tulis dalam komen dibawah ini.







handphone-tablet

Related Article

Ingin Punya Website seperti Informatics Media?

Kami berpengalaman di bidang pembuatan website. Jika anda ingin membuat website berkualitas dengan design yang bagus, hubungi kami atau pelajari lebih lanjut

Tags


Custom Search